Rangka atap baja ringan merupakan salah satu jenis pengganti rangka atap konvensional yang biasanya terbuat dari kayu. Rangka atap ini semakin banyak digunakan dan semakin banyak pula di pasaran dengan berbagai kualitas serta harga yang ditawarkan. Jangan hanya tergiur dengan harga yang murah, karena belum tentu menjamin mutu rangka atap baja ringan tersebut. Sebagai bagian dari interior bangunan yang berfungsi untuk menyangga atap, tentunya kualitas dan mutu adalah hal yang paling utama. Karena hal tersebut berhubungan dengan keselamatan jiwa atau penghuni yang berada di bawahnya. Kekokohan adalah hasil yang diprioritaskan.

Untuk memilih jenis baja ringan yang sesuai standar dan aman, harus diperhatikan beberapa hal seperti, mutu baja, lapisan anti karat, ketebalan lapisan anti karat, software khusus untuk desain struktur baja ringan, sistem pengaku (bracing), self driving screw, prefabrikasi, dan garansi.

Kualitas bahan (material)

Bahan baja yang diapakai adalah baja mutu tinggi atau biasa yang disebut High Tension Steel. Untuk lapisan karat yangs sering digunakan adalah lapisan zinc yang disebut galvanis dan AZ (aluminium dan zinc). Sedangkan untuk ketebalannya, standar umum yang dipakai yaitu, lapisan aluminum zinc tidak boleh kurang dari 150 gram/m2 dan lapisan zinc /galvanis kurang dari 180 gram/m2. Ketebalan lapisan anti karat ini akan berpengaruh terhadap usia ketahanan baja terhadap karat.

Desain Struktur

Untuk desain struktur, pilihlah produk yang memiliki dukungan perangkat lunak komputer khusus konstruksi baja ringan. Software khusus yang digunakan disebut dengan Quick Series. Software ini biasanya diintregasikan dengan program teknik sipil, misalnya Briscal atau Framecad.

Screw dan Dynabolt

SDS atau Self Drilling Screw merupakan sekrup dengan ujung penembus baja tanpa mur. Pemasangan Self Driving Screw (SDS) harus memakai alat berupa screw driver dengan kontrol torsi. Tanpa kontrol torsi, SDS beresiko kehilangan fungsinya karena aus, serta akan menimbulkan keadaan yang membahayakan. Sedangkan Dynabolt merupakan baut berselongsong yang diaplikasikan pada beton atau Ring Balk. Dynabolt berfungsi untuk mengikat kuda-kuda pada Ring Balk. Pada proses perakitan kuda-kuda pilihlah yang telah dirakit di pabrik (prefabrikasi) dengan menggunakan mesin jig, untuk mendapatkan hasil yang akurat. Untuk penggunaan SDS dan Dynabot pilihlah yang memiliki kualitas bagus.

Sistem Pengaku (Bracing)

Rangka atap baja ringan dibuat dari baja yang tipis, namun telah dibuat menjadi bentuk profil yang kokoh, dengan kekuatan yang tinggi, tetapi kekakuannya rendah. Dengan kekakuan yang rendah, sistem rangka atap baja ringan harus dilengkapi dengan batang pengaku (bracing) yang cukup. Jika tidak, akan berakibat fatal dengan robohnya sistem atap baja ringan tersebut.

Jaminan atau garansi

Yang terakhir adalah garansi yang mencakup struktur, bahan (material), desain, dan instalasi (konstruksi). Garansi konstruksi minimal selama lima tahun, yang dikeluarkan oleh pihak aplikator, yaitu perusahaan yang ditunjuk oleh pihak produsen yang akan bertanggung jawab apabila terjadi kesalahan dalam hal konstruksi dan pemasangan. Sedangkan garansi material selama 10 tahun, yang dikeluarkan oleh pihak produsen/pabrik atas kualitas material yang digunakan.

Sumber: http://atapbajaringanbandung.blogspot.com/